Laksana Ekspor Bus ke Bangladesh

SOLO, INDONESIATRANSPORTATION.COM - Bukan hal baru bagi Karoseri Laksana mengekspor bus. Setelah sukses menggarap pasar Fiji dan Timor Leste, kini karoseri asal Ungaran ini menjajaki pasar Asia Selatan yaitu Bangladesh.

Total jumlah bus yang akan diekspor ke Bangladesh saat ini ada 14 unit terdiri dari 4 unit tipe Legacy SR-2 XHD (Xtra High Decker) Prime dan 10 unit tipe Legacy Sky SR-2 DD (Double Decker). Transaksi total nilai penjualan sebesar US$ 808 ribu atau setara dengan Rp 11,4 miliar. Ekspor yang dilakukan Indonesia merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Bangladesh pada 2018.

Untuk tahap awal pengiriman dari total 14 unit telah dikirim terlabih dahulu 4 unit Legacy SR-2 XHD Prime dan menyusul 10 unit Legacy Sky SR-2 DD kemudian. Apabila dalam 14 unit tersebut sukses dan pasar Bangladesh menerima dengan baik, tidak menutup kemungkinan Bangladesh akan menindaklanjuti proses FTA (Free Trade Agreement) dengan perkiraan pesanan sekitar 1000 unit sampai tahun 2020.

Dalam bidang kerjasama transportasi hubungan Indonesia dan Bangladesh sudah terbangun sangat baik semenjak dimulainya ekspor kereta buatan PT INKA ke Bangladesh. Kini kerjasama tersebut telah merambah industri otobus.

Berikut 4 unit Legacy SR-2 XHD Prime dalam peluncurannya di Bus Word 2019 Jakarta :

Foto : Laksana

Berikut foto setelah sampai di Bangladesh :
 


Foto : Nokib / IG @bus_lover
(FS)

Komentar