PT PAL Luncurkan Kapal Selam KRI Alugoro, Karya Anak Bangsa

SOLO, INDONESIATRANSPORATATION.COM - Suatu kebanggaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia mampu memproduksi alutsista secara mandiri. Pada 11 April 2019 lalu di Dermaga Fasilitas Kapal selam PT. PAL (Persero) Surabaya telah diluncurkan kapal selam pertama karya anak bangsa, kapal selam tersebut diberi nama KRI Alugoro dengan nomor lambung 405. Peluncuran tersebut dihadiri Menteri Pertahanan RI Jendral TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Siwi Sukma Adji.

Kapal selam diesel electric tipe U209/1400 tersebut diproduksi PT PAL Indonesia dengan skema transfer teknologi (ToT) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME) Korea Selatan, setelah sebelumnya 2 unit kapal selam dengan tipe yang sama telah didatangkan langsung dari Korea Selatan. Ke depannya PT PAL Indonesia masih akan membangun 9 unit lagi, sehingga total 12 kapal selam.

KRI Alugoro memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, diameter 6,3 meter dengan draf 5,7 meter serta mampu mengangkut 40 kru. Dengan kemampuan selam mencapai kedalaman Maximum Diving Depth (NDD) 250 meter dibawah permukaan laut. Kapal selam ini dapat melaju hingga 21 knot saat menyelam dan 12 knot saat dipermukaan. Yang paling menggetarkan dari kapal ini adalah mampu dipasangi peluru kendali dan mampu bertahan selama 50 hari di dalam air.

Mantap sekali bukan, apabila kapal selam ini disebar diseluruh penjuru lautan kita. Misalnya saja disiagakan di Natuna, sehingga menambah daya getar kita di Laut Cina Selatan dan disiagakan di Biak untuk menandingi Australia yang sedang berencana membangun Pangkalan Militer di Papua Nugini. Nah meski begitu kapal selam tetaplah kapal selam yang dalam operasinya sangat-sangat senyap dan rahasia. Jalesveva Jayamahe, di lautan kita jaya! (FS)

Foto : antarafoto.com

Komentar