LRT Jabodebek Direncanakan Beroperasi Pada November 2021

JAKARTA, INDONESIATRANSPORTATION - Minggu, 13 Oktober 2019 telah dilaksanakan lifting sarana LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti Cibubur. Proses lifting ini disaksikan langsung oleh Menko Maritim, Menhub, Dirjen Perkeretapian, Direktur Prasarana KA, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA, dan Direktur Keselamatan KA.

LRT Jabodebek direncanakan beroperasi pada November 2021. Sebelum resmi beroperasi nantinya sarana dan prasarana LRT akan menjalani serangkaian pengujian.

Total jumlah train set untuk semua lintasan LRT Jabodebek adalah 31 train set Yang saat ini sedang lifting adalah train set pertama yang terdiri dari 6 cars (kereta). Sarana LRT Jabodebek merupakan karya anak bangsa yang diproduksi oleh PT. INKA.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa beroperasinya masih lama pada bulan November 2021? Padahal sudah mulai dilaksanakan proses lifting sarana LRT. Nah jawabannya seperti yang dikutip dari Ditjen Perkeretaapian adalah karena moda kereta api apalagi LRT berbeda dengan bus atau kapal. LRT ini syarat dengan teknologi, tidak hanya saranya tapi juga prasarananya, seperti track, sinyal, serta stasiun. Pengujian yang dilakukan banyak jenisnya dan sudah sesuai SOP, selain agar comply terhadap regulasi, juga tujuannya agar keselamatan dan keamanan LRT dan penumpangnya terjamin.

All Foto : Instagram @fadjroelrachman
(FS)

Komentar