Mock-up Pesawat Tempur Siluman Buatan Korea Selatan dan Indonesia



Mock-up dari KF-X Korea Selatan yang berukuran 1:1, pesawat tersebut tampil dalam event ADEX 2019 dan prototipe pertama akan dikerjakan pada awal tahun 2021 mendatang dengan first flightnya pada tahun 2022.

Korea Aerospace Industries KF-X / Indonesian Aerospace IF-X adalah program Korea Selatan dan Indonesia untuk mengembangkan pesawat tempur multfungsi lanjutan untuk Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF) dan Angkatan Udara Indonesia (TNI-AU), dipelopori oleh Korea Selatan dengan Indonesia sebagai mitra utama. Ini adalah program pengembangan tempur kedua Korea Selatan setelah FA-50. 


Proyek ini pertama kali diumumkan oleh Presiden Korea Selatan Kim Dae-Jung pada upacara wisuda Akademi Angkatan Udara Korea pada bulan Maret 2001. Korea Selatan dan Indonesia sepakat untuk bekerja sama dalam memproduksi pesawat tempur KF-X / IF-X di Seoul pada bulan Juli 15, 2010. Persyaratan operasional awal untuk program KF-X / IF-X seperti yang dinyatakan oleh ADD (Agency for Defense Development) adalah mengembangkan jet berpilot tunggal, bermesin ganda dengan teknologi siluman melebihi kemampuan Dassault Rafale atau Eurofighter Typhoon, namun tidak lebih baik dari Lockheed Martin F-35 Lightning II.

Fokus keseluruhan dari program ini adalah memproduksi pesawat tempur generasi ke 4,5 dengan kemampuan lebih tinggi daripada pesawat tempur kelas KF-16 pada tahun 2020. Jumlah pesawat tempur yang diproduksi rencananya 120 unit untuk Angkatan Udara ROK dan 80 unit untuk Angkatan Udara Indonesia. Korea Selatan berencana untuk membeli dari tahun 2023 sampai 2030.


All Foto : facebook.com/ROKArmedForces
(FS)

Komentar